Mengenal Sistem Koordinat Pada AutoCAD

Koordinat pada AutoCAD

Koordinat pada AutoCAD merupakan pengetahuan dasar yang perlu kita ketahui dalam penggunaan aplikasi AutoCAD ini. Halo semua pada artikel kali ini kita akan sedikit berbincang lagi tentang aplikasi AutoCAD. Sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu Aplikasi AutoCAD, Tampilan interface pada AutoCAD, dan beberapa pengaturan yang dapat kita atur sesuai kebutuhan saat menggunakan AutoCAD.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang koordinat pada AutoCAD. Saat kita menjalankan atau menggunakan AutoCAD kita akan selalu dipertemukan perintah untuk menentukan titi poin saat memulai suatu perintah untuk membuat objek. Titik poin pertama yang disebutkan mungkin dapat kita tentukan sembarangan namun juga dapat kita tentukan koordinat spesifiknya.

Pada AutoCAD sendiri memiliki 3 titik koordinat yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Ketiga titik koordinat itu adalah Absolute, Relative, dan Polar. Mari kita bahas satu per satu.

Sistem koordinat pada aplikasi AutoCAD

Sistem koordinat pada AutoCAD merupakan sebuah fitur yang dapat kita gunakan untuk menentukan titik koordinat secara spesifik berdasarkan sumbu X, Y, dan Z. Di dalam workspace AutoCAD kita dapat melihat arah sumbu X, Y, dan Z dengan melihat icon UCS. Dalam tampilan workspace 2D dan 3D terdapat perbedaan tampilan sumbu, dimana workspace 2D hanya menampilkan sumbu X dan Y, sedangkan workspace 3D menampilkan semua sumbu koordinat yaitu sumbu X, Y, dan Z.

Untuk memahami koordinat pada AutoCAD sebelumnya kita harus memahami arah koordinat terlebih dahulu. Coba kita perhatikan gambar di bawah ini.

sumbu koordinat pada autoCAD


Jika kita perhatikan garis sumbu koordinat pada gambar di atas, maka sumbu X ke kanan bernilai positif sedangkan ke kiri bernilai negatif jika ditarik dari titik nol. Sedangkan sumbu Y ke atas bernilai positif sedangkan sumbu Y ke bawah bernilai negatif jika ditarik dari titik nol.

Jika kalian sudah memahaminya, mari kita lanjut untuk membahas ketika sistem koordinat pada AutoCAD yaitu  Absolute, Relative, dan Polar.


1. Sistem koordinat Absolut

Sistem koordinat absolut merupakan koordinat yang dapat kita gunakan di mana titik koordinat ditentukan secara spesifik dengan memasukkan nilai mutlak dari koordinat tersebut. Nilai koordinat absolut dihitung dari koordinat origin ( 0,0 ) pada workspace AutoCAD. Kita dapat melihat titik origin ini tepat pada icon UCS berada.

Perhatikan contoh dibawah ini.

titik kordinat absolut autocad


Dari gambar di atas, titik P1 berada pada koordinat ( 4,3 ). Maka titik P1 terhadap titik origin ( 0,0 ) titik sumbu X adalah 4 sedangkan titik sumbu Y adalah 3. Sedangkan pada titik koordinat  P2 berada pada koordinat ( 8,9 ). Maka titik P2 terhadap titik origin ( 0,0 ) titik sumbu X adalah 8 sedangkan titik sumbu Y adalah 3.

Bagaimana cara membuat garis dengan metode koordinat absolut? yang perlu kita ketahui adalah, dalam penulisan koordinat absolut pada AutoCAD formatnya adalah X,Y. Maka kita dapat masukan perintah koordinat langsung dengan menggunakan format tersebut. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat sebuah garis (LINE), kita tinggal menjalankan perintah LINE terlebih dahulu lalu masukan koordinat pertama sebagai specify first poin dengan forma X,Y lalu tekan ENTER dan selanjutnya masukan titik koordinat kedua sebagai specify next poin dengan format X,Y lalu ENTER.


2. Sistem koordinat relatif

Dalam sistem koordinat ini kita dapat menjadikan titik koordinat pertama (specify first poin) sebagai titik acuan awal untuk menentukan titik koordinat selanjutnya. Jadi sistem koordinat ini tidak bisa kita gunakan untuk menentukan titik pertama (specify first poin).

Perhatikan contoh berikut.

koordinat relatif AutoCAD


Jika kita perhatikan gambar di atas, P2 berada pada titik koordinat absolut (8,9). Akan tetapi nilai koordinat relatifnya adalah (4,6). Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa bisa seperti itu? Hal ini disebabkan sistem titik koordinat relatif dihitung dari titik sebelumnya. Jika kita lihat gamba di atas titik sebelum P2 adalah P1 yaitu (4,3). Jika P2 dijadikan titik absolut maka titik koordinatnya seharusnya adalah (8,9). Namun pada sistem relatif memiliki perhitungan sendiri yaitu sebagai berikut.

Jika titik absolut P2 = (8,9) maka titik kordinat relatifnya adalah:

P2 = ( (XP2 - XP1),(YP2-YP1) )
     = ( (8 - 9),(9 - 3)
     = (4,6)

Setelah kita mengetahui apa itu titik koordinat relatif, sekarang bagai mana cara kita menerapkannya pada AutoCAD? 

Untuk format yang digunakan untuk mengaktifkan koordinat relatif adalah @dx,dy. Dimana dx merupakan jarak titik terhadap titik sebelumnya pada sumbu X. Sedangkan dy merupakan jarak titik terhadap titik sebelumnya pada sumbu Y

Sebagai contoh penerapan koordinat relatif saat kita menggunakan perintah LINE. Pertama kita jalankan perintah LINE, selanjutnya masukan titik koordinat awal atau  specify first poin dengan menggunakan format koordinat absolut misalkan 4,5 lalu ENTER. Selanjutnya masukan specify next poin yang merupakan sistem koordinat relatif dengan format misalkan @4,6 lalu ENTER.

Sekali lagi saya ingatkan, untuk metode koordinat relatif tidak bisa diterapkan pada titik awal koordinat. Seperti contoh di atas penerapannya dilakukan di koordinat setelah ada koordinat sebelumnya.

3. Sistem koordinat polar

Metode berikutnya dalam pengenalan koordinat pada AutoCAD adalah sistem koordinat polar. Metode koordinat polar dapat kita gunakan saat ingin menentukan titik baru berdasarkan jarak titik sebelumnya serta kita dapat menentukan besaran sudut antara keduanya.

Jika kita terapkan dalam pembuatan garis atau line, maka jarak antara titik menjadi panjang garis, dan sudut yang terbentuk antara kedua titik menjadi kemiringan garis tersebut.

Perhatikan contoh gambar dibawah ini.

menentukan kordinat pada autocad

Pada gambar diatas diketahui jarak antara P1 dan P2 adalah 5, sedangkan sudut yang terbentuk antara kedua titik tersebut adalah 45°. Untuk menjalankan perintah dan membuat garis dengan kemiringan seperti diatas dapat kita terapkan dengan cara berikut:

  • Jalankan perintah LINE > Enter
  • Tentukan specify first poin yaitu 4,5 > Enter
  • Tentukan specify next poin beserta sudutnya dengan cara ketik @5<45 > Enter

Sebagai catatan, metode polar ini juga tidak bisa kita gunakan untuk menentukan titik kordinat pertama sama seperti metode relatif.

Sebagai tambahan, dalam aplikasi AutoCAD, arah sudut bergerak berlawanan dengan arah jarum jam, dimana sudut 0° (Nol) dimulai dari arah kanan atau di arah jam 3. Kalian bisa perhatikan gambar ilustrasi di bawah dalam menentukan arah sudut putaran.

sudut garis pada autocad

Gambar di atas merupakan visualisasi dari penentuan sudut garis pada AutoCAD. Sekian pembahasan kita tentang sistem koordinat pada AutoCAD. Jika ada pertanyaan silakan kalian tinggalkan pertanyaan tersebut di kolom komentar. Next time kita akan mulai masuk ke dalam perintah-perintah dalam menggambar objek pada AutoCAD.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sistem Koordinat Pada AutoCAD"