Mengenal Tampilan Interface Pada AutoCAD

 

Tampilan Interface Autocad

Hallo semua, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas dan mengenal definisi, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki aplikasi AutoCAD, kali ini kita akan mengenal tampilan awal atau interface pada aplikasi AutoCAD. Siapkan fikiran kalian dan fokus karna mulai dari sini kita akan masuk lebih dalam agar dapat menguasai AutoCAD. 

Dalam penggunaan aplikasi apapun itu tentunya kita harus familiar dengan tampilan dan tataletak fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Jangan sampai kita menjadi buta arah saat mulai menggunakan aplikasi ini. Disini mungkin terlihat tamoilan interface Autocad di versi sebelumnya namun tampilan hingga ke versi yang terbaru tidak ada perubahan yang sangat signifikan sehingga  masih relate digunakan.

Untuk mulai menggunakan software atau aplikasi AutoCAD pastinya kalian harus membuka aplikasinya dulu di laptop atau PC kalian, hal ini rasanya tidak perlu saya beri panduan lagi tentang caranya, hanya tinggal klik 2x pada icon aplikasi AutoCAD atau klik kanan pada mouse kalian lalu klik open atau Run. Setelah kalian masuk ke aplikasi AutoCAD akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini dan kalian klik Start Drawing yang ada di sebelah kiri tampilan AutoCAD kalian, kalian dapat perhatikan gambar dibawah ini.


Start Drawing AutoCAD

Setelah kalian klik Start Drawing maka kita akan masuk ke halaman atau lembaran kerja seperti gambar dibawah ini. Halaman kerja yang akan saya tampilkan memakai tema bewarna putih agar mudah dibaca dan diberi keterangan. Dan saya akan jelaskan setiap bagian yang ada pada tampilan Drafting & Annotation padaaplikasi  AutoCAD berikut ini:


Interface Drafting AutoCAD


1. Application Button/Application Menu

Application Button terletak di sudut kiri atas tampilan interface AutoCAD berupa icon AutoCAD itu sendiri. Didalamnya berisikan menu-menu standart yang mungkin sering kalian temukan di dalam aplikasi lain diantaranya  New, Open, Save, Save AS, Print, dll.


2. Quick Access Toolbar

Quick Access Tollbar terletak di sebelah kanan Icon AutoCAD/Application Button yang berisi Icon perintah yang sama dengan Application Menu yaitu New, Open, Save, Save AS, Open dan Save From WEB & Mobile, dan Print.


3.Title Bar

Title Bar seperti namanya merupakan baris judul. Title Bar berisikan informasi atau keterangan versi AutoCAD yang kita gunakan di ikuti nama file atau lembar kerja gambar yang sedang aktif atau kita buka.


4. Menu Bar

Menu Bar merupakan deretan perintah atau navigasi menu AutoCAD yang terletak tepat dibawah Title Bar yang berisikan perintah seperti File, Edit, View, Insert, Tools, Draw, Modify, dll.


5. Info Center

Info Center merupakan menu Sign In akun Autodeks pengguna AutoCAD yang diakses secara Online.


6. Ribbon

Ribbon merupakan kumpulan baris perintah yang telah dikelompokan berdasarkan fungsi dan ketegorinya masing-masing. Menu yang ada pada ribbon panel dapat kita sesuaikan dengan Tab Menu yang kita pilih.


7. Open Drawing Tabs

Merupakan barisan Tabs atau halaman kerja yang sedang aktif atau sedang kita buka. Didalam Tabs tersebut juga berisi informasi judul gambar atau lembar kerja kita.


8. Status Bar

Status Bar merupakan barisan status yang terletak di bawah lembar kerja AutoCAD yang berisi status atau keadaan dokkumen atau lembaran kerja yang sedang kita buka. Didalamnya terdapat beberapa fungsi yang bisa diaktifkan untuk mendukung kegiatan design/drafting yang sedang dikerjakan seperti ORTHO, OSNAP, POLAR, dll.


9. Command Line

Seperti namanya, ini merupakan tabel/kotak dibawah layar kerja AutoCAD yang berfungsi untuk menulis  perintah dan berisi "Command Prompt" atau perintah lanjutan yang sedang kita jalankan.


10. Graphic Screen

Graphic Screen atau Workspace merupakan area luas yang akan kita gunakan sebagai ruang atau tempat membuat design dan gambar.


11. Workspace Switching Button

Workspace Switching berfungsi untuk mengubah tampilan Workspace pada AutoCAD. Perlu kita ketahui, untuk tampilan default ada 4 pilihan yaitu Drafting & Annotation, 3D Basic, 3D Modeling, dan AutoCAD Classic.

Icon dari menu ini berupa icon seperti gear dengan button drop down disamping kanannya. Untuk merubah tampilan workspace kita hanya perlu menekan Icon Workspace Switching dan pilih tampilan yang kita inginkan.


12. Navigator Bar

Navigator Bar berisikan menu perintah Full Navigation Wheel, Pan, Zoom Extents, Orbit, dan Show Motion.


Itulah beberapa fitur, perintah, atau menu yang ada di interface AutoCAD, jika ada pertanyaan kalian bisa tinggalkan pesan di komentar. Pada artikel selanjutnya kita akan masuk lebih dalam tentang Basic AutoCAD.

Posting Komentar untuk "Mengenal Tampilan Interface Pada AutoCAD"